Translate

Written By SolihinKMD on Sabtu, 14 Mei 2016 | 5/14/2016

Berikut ini adalah ke – 5 sila yang terdapat di dalam Pancasila :
  1. Ketuhanan yang maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Itulah bunyi dari kelima sila yang terdapat di dalam pancasila, yang merupakan landasan ideologis dari Negara Indonesia. Di dalam pendidikan terutama pendidikan dasar, terdapat salah satu mata pelajaran yang menekankan pada pendidikan pancasila, yaitu PPKn, (pendidikan pancasila dan kewarganegaraan). Selain itu, hingga tingkat perguruan tinggi pun pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus diikuti oleh semua murid dan pendidik.
Apa yang diajarkan oleh pendidikan pancasila?
Ada banyak sekali hal-hal yang diajarkan oleh pendidikan pancasila. Berikut ini adalah beberapa hal yang paling sering diajarkan pada pendidikan pancasila :
  1. Nilai-nilai luhur dari pancasila sebagai dasar ideologi bangsa dan Negara
  2. Setiap butir masing-masing sila dari pancasila yang wajib diamalkan dalam perbuatan sehari-hari
  3. Nilai-nilai filosofis dan juga moral dari pancasila
Tentu saja pendidikan pancasila memiliki berbagai manfaat bagi siapa saja yang mempelajarinya. Lalu, apa saja manfaat pendidikan Pancasila? Berkut ini adalah beberapa diantaranya :
1. Menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila
Pancasila merupakan ideologi landasan negara kita. Segala perbuatan yang kita lakukan, bahkan hingga aturan perundang-undangan pun mengacu pada nilai dari Pancasila itu sendiri. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa Pancasial merupakan salah satu lanasan paling luhur yang ada di Negara kita. Karena itu, pendidikan pancasila sangat penting diberikan, terutama pada mereka yang masih usia anak-anak.
Agar mereka mengerti dan juga memahami nilai luhur dari Pancasila bagi kehidupan bermasyarakat dan juga kehidupan bernegara.
2. Membantu memahami arti sebenarnya dari Pancasila
Pancasila merupakan ideologi, yang berarti masih ada kemungkinan banyak orang yang belum memahami arti sebenarnya secara mendalam dari Pancasila. Mungkin anda hafal kelima sila yang terkandung dalam pancasila, namun apakah anda memahami arti sebenarnya dari sila tersebut? Maka dari itu, diperlukan pendidikan pancasila di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga tingkat universitas.
Hal ini tidak lain adalah agar kita sebagai warga Negara Indonesia yang baik memahami betul apa arti sebenarnya dari Pancasial, sebaga landasan ideology bangsa.
3. Membantu individu untuk mencintai Negara Indonesia
Ada pepatah yang berbunyi tak kenal maka tak sayang. Dalam kehidupan bernegara, hal ini dapat dikaitkan dengan hubungan antara manfaat pendidikan pancasila dan kewarganegaraan Indonesia itu sendiri. Bagi mereka yang tidak dapat mengenal pancasila dengan baik, maka mereka tidak akan mencintai Indonesia. Karena untuk mencintai Indonesia, maka paling tidak kita juga harus mencintai landasan ideologis yang membentuk Indonesia.
Dengan adanya pendidikan pancasila ini, maka kita akan dapat mencintai Negara Indonesia. Dengan mempelajasi pancasila, maka secara tidak langsung kita akan mengenal Indonesia, dari dasarnya.
4. Agar individu dapat berperilaku sesuai dengan isi dari butir-butir pancasila
Pancasila, sesuai namanya memilki 5 sila yang berbeda-beda. Masing-masing dari kelima sila tersebut memilIki butir-butir sila tersendiri, yang merupakan ekstraksi atau penjabaran dari setiap sila yang terdapat pada pancasila. Manfaat pendidikan pancasila maka diharapkan, siapa saja yang menempuh pendidikan pancasila dapat berperilaku sesuai dengan apa yang ditulis melalui butir-butir pancasila tersebut.
5. Individu dapat mengamalkan Pancasila di segala situasi
Masih dari perilaku, pendidikan pancasila dapa membantu warga Negara Indonesia dalam mengamalkan segala macam nilai, butir dan juga perilaku yang sejalan dengan pancasila. Nilai dan butir-butir yang terkandung dalam pancasila merupakan hal yang baik terutama dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara
Hal ini membuat individu sebagai warga negara yang baik wajib, akan mengamalkan berbagai macam nilai-nilai luhur dari pancasila.
6. Sebagai pedoman menjadi warga Negara yang baik
Pancasila tak ubahnya merupakan suatu buku pedoman. Buku pedoman ini merupakan buku pedoman yang berisi 5 poin penting atau yang kita kenal dengan nama lima sila, yang berisi bagaimana cara agar kita dapat menjadi warga Negara yang baik.
Bagaimana kita dapat menjadi warga negara yang baik dan berguna bagi masyarakat, apabila kita tidak pernah belajar mengenai pedoman menjadi warga Negara yang baik. Tentunya hal ini terdapat pada manfaat pendidikan pancasila, yang tentunya dapat kita peroleh melalui pendidikan pancasila.
7. Untuk memahami ideologi bangsa Indonesia
Dari awal sudah dijelaskan bahwa pancasila merupakan landasan ideologi dari Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Ideologi sendiri merupakan suatu ide atau gagasan yang terbentuk untuk melandasi atau menyelesaikan suatu masalah. Dalam hal ini pancasila berfungsi sebagai landasan ideologis Negara Indonesia.
Dengan adanya pendidikan pancasila, maka kita sebagai warga negara akan memahami mengenai ideologi dan juga dasar-dasar Negara Indonesia dengan baik.
8. Membangun karakter wrga negara yang bermartabat
Pancasila merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi Indonesia dan juga warga negaranya. Hal ini disebabkan karena pancasila sendiri selain merupakan landasan ideologis bagi Negara, juga merupakan cerminan karakteristik dari masnyarakat Indonesia itu sendiri.
Maka dari itu, manfaat pendidikan pancasila sangatlah penting, karena melalui pendidikan pancasila, dapat terbangun karakter dari masyarakat Indonesia yang baik, bermartabat dan juga berintegritas dalam melakukan kehidupan berbangsa dan juga bernegara.
9. Mewujudkan kehidupan bermoral dalam kehidupan 
Moral merupakan hal yang sulit diperoleh. Kita bisa mewujudkan kehidupan bermoral dalam kehidupan kita sehari-hari, salah satunya adalah dengan cara memahami nilai dari pancasila, yang kita pelajari dalam pendidikan pancasila.
Itulah manfaat dari pendidikan pancasila. Jadi, jangan pernah anggap remeh pendidikan pancasila yang sudah pernah anda lali pada tingkat-tingkat pendidikan, karena memiliki banyak manfaat untuk kehidupan berbangsa dan juga kehidupan bernegara.

http://manfaat.co.id/manfaat-pendidikan-pancasila

Selamat datang di Official Website Solihin, untuk kritik dan saran disampaikan melalui email : solihinkmd@gmail.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat untuk semua...!!!